Home / Ekonomi

Minggu, 2 April 2023 - 05:53 WIB

Pembuatan SBU Konstruksi KBLI 42102 Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan, Jalan Layang Flyover Dan Underpass, Ini Jenis SKK Tenaga Kerja Yang Digunakan

Bisnisnews.co.id, Tangerang Selatan – Sertifikasi Badan Usaha konstruksi jenis usaha konstruksi kbli 42102 sub Klasifikasi BS002 merupakan syarat mutlak yang wajib dimiliki oleh sebuah badan usaha khususnya yang akan mengerjakan proyek Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass.

SBU Konstruksi sub klasifikasi BS002 Konstruksi Bangunan Sipil Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass merupakan jenis usaha jasa konstruksi yang bersifat umum dengan tingkatan kualifikasi nya kategori kecil, menengah dan besar.

Perusahaan konstruksi yang akan mengambil kategori jenis usaha konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass sub Klasifikasi BS002, terlebih dahulu badan usaha wajib memastikan kbli usahanya tercantum di dalam akta perusahaan nya.

Selain itu, badan usaha wajib memiliki nomor induk berusaha atau biasa di sebut NIB perizinan berusaha atau NIB RBA, yang mana di dalam nomor induk berusaha tersebut wajib memuat kode kbli 42102 yaitu Konstruksi Bangunan Sipil Jalan yang diterbitkan oleh sistem online single submition.

Baca juga  Pentingnya Keadilan Dalam Sistem Hukum Internasional: Tantangan Dan Prospek

Sebelum proses pengajuan SBU Konstruksi Sub Kasifikasi BS002 Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass, perusahaan wajib memiliki tenaga kerja konstruksi yang bersertifikasi, sertifikasi tenaga kerja tersebut dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi melalui tahapan proses pelaksana sertifikasi yaitu lembaga sertifikasi profesi yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP rekomendasi dari LPJK PUPR.

PT Garlan Konsultan Indonesia adalah mitra kerja lembaga sertifikasi badan usaha dan lembaga sertifikasi profesi, dalam hal proses pengurusan SBU konstruksi dan SKK konstruksi, baik yang bersifat Umum maupun Spesialis.

Direktur Utama PT Garlan Konsultan Indonesia, Yayan Andesta atau Ades, mengatakan bahwa untuk pembuatan SBU konstruksi jenis usaha BS002 Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass, badan usaha wajib memiliki 2 orang tenaga kerja yang bersertifikasi atau memiliki SKK konstruksi dengan Klasifikasi Sipil / Mekanikal, Sub_Klasifikasi Jembatan / Geoteknik & Pondasi / Geodesi / Teknik Lifting, hal itu diatur di PP No 5/2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko, kepada bisnisnews.co.id, Selasa(1/4/23).

Baca juga  Tercatat Sebagai Keanggotaan KADIN Tangerang Selatan, PT Garlan Konsultan Indonesia Semakin Profesional

“Sebelum membuat SBU konstruksi BS002 Pekerjaan Konstruksi Bangunan Sipil Jembatan , Jalan Layang, Flyover dan Underpass, perusahaan wajib memiliki 2 orang tenaga kerja yang memiliki SKK Jembatan / Geoteknik & Pondasi / Geodesi / Teknik Lifting,” pungkasnya.

Selain itu Ades menjelaskan, untuk perusahaan Kualifikasi kecil SBU BS002 untuk skk pjt atau penanggung jawab teknik perusahaan menggunakan SKK jenjang 6, kemudian untuk pjsk atau penanggung jawab sub klasifikasi nya menggunakan SKK minimal jenjang 5.

“Perusahaan Menengah menggunakan SKK Pjt Jenjang 7 dan PJSK min jenjang 6, perusahaan besar nasional dan asing SKK Pjt nya jenjang 8 SKK Pjsk nya min jenjang 7,” jelasnya.

“Sementara untuk Kualifikasi besar Kantor Perwakilan atau Bujka Skk pjt nya Jenjang 9 dan Skk Pjsk nya jenjang 9,” tambahnya.

Jika ada rekan-rekan kontraktor yang mau konsultasi dapat menghubungi kantor PT Garlan Konsultan Indonesia di no wa 081210969186

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Ketum Dan Jajaran Pengurus Feradi WPI Berbahagia, Ini Pasalnya

Ekonomi

Resmi Dikukuhkan, Komunitas Peduli Sungai Dan Danau Oku Selatan Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Lestarikan Lingkungan Oku Selatan

Ekonomi

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lembaga Atlas Indonesia Launching Program Kegiatan Konservasi Sumber Daya Alam Berbasis Agroforestri

Ekonomi

Kemampuan Keuangan Badan Usaha Di Dalam Melakukan Proses SBU Konstruksi, Ini Kriterianya

Ekonomi

Resmi Dilantik, Pengurus Warung Paralegal Indonesia Kabupaten Nganjuk Siap Berikan Bantuan Hukum

Ekonomi

Wajib Dimiliki, Jenis Peralatan Proyek Yang Digunakan Oleh Perusahaan Spesialis Interior Di Dalam Pembuatan SBU Konstruksi

Ekonomi

Penjualan Tahunan Bagi Perusahaan Kontraktor Di Dalam Melakukan Proses SBU Konstruksi, Ini Kriterianya

Ekonomi

Menyambut Ramadhan, Tokoh Masyarakat Perum BSI Flamingo Menggelar Acara