Home / Ekonomi

Jumat, 12 Agustus 2022 - 00:29 WIB

Resmi Dikukuhkan, Komunitas Peduli Sungai Dan Danau Oku Selatan Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Lestarikan Lingkungan Oku Selatan

Bisnis News, Oku Selatan – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan H Hermansyah Said menghadiri Pembukaan Sosialisasi Peduli Sungai dan Danau di Oku Selatan yang diadakan oleh Pemkab Oku Selatan, sekaligus mengukuhkan Komunitas Peduli Sungai dan Danau (KPSD) di Kabupaten OKU Selatan. Kamis (11/08/2022).

Berlokasi di gedung Aula Pemkab Oku Selatan, balai besar Wilayah Sungai Sumatera VIII bersama komunitas peduli sungai dan danau menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi sungai dan danau sekaligus pengukuhan Komunitas Peduli Sungai dan Danau (KPSD) Kabupaten OKU Selatan.

Sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Oku Selatan dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam khususnya sungai dan danau yang ada dilingkungan kabupaten Oku Selatan.

Selain kegiatan sosialisasi kepedulian sungai dan danau kepada msarayakat, pemerintah kabupaten Oku Selatan dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda OKU Selatan, H Hermansyah Said, mengukuhkan komunitas peduli Sungai dan danau di Oku Selatan  yang didirikan oleh Para Pemuda/Organisasi Oku Selatan dengan tujuan  dapat membantu pemerintah Kabupaten Oku Selatan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestraian alam terutama sungai dan danau di Kabupaten OKU Selatan.

Kepengurusan KPSD Kab Oku Selatan  terdiri dari perwakilan unsur organisasi lingkungan yaitu Lembaga Atlas Indonesia, Kompas Ranau, Ranau Rafting, PPA Sedara,  Eco Tourism Youth Community dan beberapa organisasi lingkungan lainnya serta Organisasi Kepemudaan seperti Karang Taruna, dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), di beberapa Kecamatan dan Desa diantaranya Kec. Warkuk Ranau Selatan,  Kec. BPR Ranau Tengah, Kec. Banding Agung,  Kec. Tiga Dihaji, Kec. Mekakau Ilir, dan Kec. Pulau Beringin

Baca juga  Menjaga Kualitas, Famili Mandiri Steel Bengkel Las Yang Profesional

Dalam Sambutannya Asisten II bidang ekonomi dan pembangunan Setda OKU Selatan, H Hermansyah Said, mengucapkan  Selamat kepada Hardianto Selaku Ketua KPSD dan seluruh anggota komunitas Peduli Sungai dan Danau Kabupaten OKU Selatan yang baru dikukuhkan.

“Selamat bertugas semoga Komunitas ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Oku Selatan didalam menjalankan kegiatan dan Program Pemerintah Khususnya didalam menjaga kelestarian alam di Oku Selatan, mari kita bersinergi bersama dalam membangun daerah serta berkomitmen bersama untuk menjaga lingkungan sekitar,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera  VIII, Maman Noprayamin dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa KPSD yang telah terbentuk inilah nantinya yang diberikan pelatihan-pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan serta meningkatkan pengembangan dalam melestarikan ekosistem sungai demi keberlangsungan hidup bersama.

“Nanti akan diadakan pembinaan kemitraan secara terpadu antara pemerintah, masyarakat atau KPSD sehingga meningkatkan kerjasama antar stakeholder dalam memelihara sungai dan danau,” terang Maman.

Di tempat yang sama, Hardianto, pendiri lembaga Atlas Indonesia yang baru saja dikukuhkan menjadi Ketua KPSD Kab OKU Selatan berharap komunitas ini harus terus berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai fungsi sungai dan danau dalam menopang kehidupan masyarakat. “Bila kebersihan dan kelestarian aliran sungai terjaga maka lingkungan lestari masyarakat sejahtera,” ujar Hardi.

Baca juga  Jaga Stamina, Bersepeda Membuat Tubuh Tetap Fit Saat Bekerja

Hardianto menegaskan, pihaknya akan segera menginventarisir keberadaan sungai dan danau melalui kunjungan langsung, mensosialisasikan dan mengidentifikasikan permasalahan terkait sungai dan danau serta mencarikan solusinya dengan tetap bermusyawarah dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan Inventarisir sungai dan Danau serta mensosialisasikan, identifikasi persmasalahan terkait sungai,” Tegas Hardi

lebih lanjut Hardianto mengatakan, saat ini di OKU Selatan ada Proyek Strategis Nasional Bendungan Tiga Dihaji, yang diperuntukan untuk irigasi, diharapkan dapat juga dijadikan sebagai konservasi sumber daya air, pengendalian banjir, pemenuhan kebutuhan air baku, Perikanan, pariwisata, olahraga air, pembangkit listrik dll. “Semoga upaya ini dapat mengembalikan fungsi sungai untuk kesejahteraan masyarakat OKU Selatan,” terang Hardi.

Turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi dan pengukuhan komunitas peduli Sungai dan danau (KPSD) kabupaten OKU Selata, Kapolres Oku Selatan, Pabung Kodim 0403 OKU, Kabid OP BBWSS VII, Kepala Dinas Pariwisata, Kalaksa BPDB, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas DLH, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dinas PU PR, Kadiskanak, Kepala Bappeda Litbang,  Kadin PMPD, Kepala BPN, Kepala UPTD KPH Wilayah VII Mekakau-Saka, Dewan Pembina Atlas Indonesia, Derektur PDAM Tirta Saka Selabung, Direktur Yayasan Maduni, Ketua Komunitas Sungai Palembang, Para Camat, Para Kepala Bagian, Para Kepala Desa serta undangan lainnya.

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Resmi Berbadan Hukum, Atlas Indonesia Terdaftar Di Menkumham

Bisnis

Mau Melakukan Sertifikasi Badan Usaha, Perusahaan Kontraktor Wajib Tau Ketentuannya

Ekonomi

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Lembaga Atlas Indonesia Launching Program Kegiatan Konservasi Sumber Daya Alam Berbasis Agroforestri

Ekonomi

Pengembangan Sdm, Dua Asosiasi Profesi Mengadakan Seminar Konstruksi Bagi Anggotanya

Bisnis

Pembinaan Anggota, 4 Asosiasi Konstruksi Mengadakan Seminar Bersama

Bisnis

Tambah Wawasan, Askopindo Dan Atapi Menggelar Seminar Bersama

Ekonomi

Jaga Stamina, Bersepeda Membuat Tubuh Tetap Fit Saat Bekerja

Ekonomi

Menyambut Ramadhan, Tokoh Masyarakat Perum BSI Flamingo Menggelar Acara